3 Hektare Lahan PTPN dan Semak Belukar di Ogan Ilir Terbakar

Merdeka.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di wilayah Sumatera Selatan. Hari ini terdapat dua titik kebakaran yang menyebabkan tiga hektare lahan hangus terbakar.

Titik pertama terjadi di semak belukar di belakang PT Ligasin yang berada Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (11/7) pukul 15.00 WIB. Tim pemadam yang mendapat laporan langsung menurunkan satu regu dan satu unit mobil tangki.

Petugas melakukan pemadaman darat selama setengah jam. Lahan yang terbakar lebih kurang satu hektare.

Dua jam kemudian, kebakaran terjadi di lahan milik PTPN VII Cinta Manis yang berada di Desa Sejaro Sakti, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir. Kebun tebu milik perusahaan itu terbakar sekitar dua hektare yang dipadamkan selama satu jam.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, tim gabungan dari TNI, polri, BPBD dan masyarakat setempat dengan cepat memadamkan api sehingga tidak sampai lebih meluas.

"Total kebakaran lahan hari ini ada tiga hektare, yakni satu hektare di semak belukar dan dua hektare kebun tebu milik PTPN VII Cinta Manis," ungkap Ansori.

Hanya saja, petugas belum mengetahui penyebab kebakaran. Hal itu dilimpahkan kepada pihak kepolisan untuk menyelidikinya. "Penyebabnya belum tahu," pungkasnya. [bal]

https://www.merdeka.com/peristiwa/3-hektare-lahan-ptpn-dan-semak-belukar-di-ogan-ilir-terbakar.html


Kembali Print

Shate to
Facebook Google+ Twitter Digg