Dalam Waktu 1 Jam Lebih Kobaran Api Hanguskan 24 Rumah di Samarinda

Keterangan diperoleh, api mulai berkobar pukul 14.15 Wita tadi. Belum diketahui jelas sebab kobaran api. Namun, kepulan asap hitam membubung tinggi, membuat panik warga sekitar.

"Belum tahu sebabnya Pak. Ada yang bilang korsleting listrik, ada yang bilang lagi karena gas elpiji. Yang jelas, api langsung besar," kata salah seorang warga setempat, Ferdi (39), kepada merdeka.com di lokasi kejadian, Kamis (6/12).

Api berkobar hebat di 2 RT yakni RT 23 dan RT 26. Tidak kurang 15 unit pemadam dari berbagai satuan, antara lain BPBD Samarinda, Dinas Pemadam Kebakaran, hingga relawan kebencanaan, berjibaku memadamkan api.

"Waktu pemadaman, ada 2 orang sesak napas di lokasi. Satu dari warga, satu lagi dari relawan Balakar. Tapi segera mendapatkan penanganan medis," kata petugas Bidang Tanggap Darurat dan Evakuasi BPBD Samarinda, Nanang Arifin.

Kobaran api baru benar-benar berhasil dipadamkan pukul 15.30 Wita. Di RT 23, 13 rumah rusak berat, dan 5 bangunan rusak ringan Sedangkan di RT 26, ada 5 bangunan rusak berat dan 1 bangunan rusak ringan. "Di RT 23 juga ada bangunan tempat ibadah. Kalau keseluruhan, ada 29 KK dan 104 jiwa kehilangan tempat tinggal," ungkap Nanang.

"Kalau dari keterangan warga, diduga kebakaran karena ada ledukan kompor di salah satu rumah warga, di RT 23. Tapi, itu baru dugaan karena sekarang ini, sedang dalam penyelidikan kepolisian," kata salah satu koordinator relawan, Joko Iswanto. [lia]

Source: https://www.merdeka.com/peristiwa/dalam-waktu-1-jam-lebih-kobaran-api-hanguskan-24-rumah-di-samarinda.html



Shate to
Facebook Google+ Twitter Digg


Kembali Print