Laporan Wartawan Kompas, AW Subarkah dari Barcelona 

BARCELONA, SENIN - Tahun 2007 merupakan tahun terobosan bagi konsumen untuk masuk ke komunikasi pita lebar (broadband) yang akan mengubah cara orang untuk beraktivitas. Negara-negara maju, salah satunya, akan mempelopori bagaimana mengubah kebiasaan menonton televisi dari tayangan bersama (broadcast) menjadi sebuah tontonan yang bersifat pribadi. 

Demikian antara lain diungkapkan Carl-Henric Svanberg, Presiden dan CEO Ericsson dalam acara pertemuan pers di Barcelona, Spanyol, Selasa (11/2) pada pukul 10.00 waktu Barcelona atau pukul 16.00 WIB. Pertemuan pers ini dilakukan menjelang acara pembukaan Mobile World Congress di Barcelona.  

Selama tahun 2007 merupakan pintu masuk bagi teknologi 3G dan HSPA yang sangat kuat. Setidaknya ada 174 jaringan HSPA yang beroperasi secara komersial di 76 negara yang mayoritas beroperasi sampai kecepatan 3,6 Mbps atau bahkan lebih. HSPA merupakan evolusi alamiah bagi teknologi GSM/WCDMA yang digunakan lebih dari 86 per sen jaringan nirkabel dunia saat ini, kata Svanberg. 

Apa yang diungkapkan pimpinan Ericsson ini memperlihatkan penyempurnaan dari pencapaian tahun lalu, sementara perkembangan tahun ini lebih bersifat evolutif, dan tidak ada lompatan yang dramatis dalam. Hal ini nampak dalam pameran yang akan berlangsung sampai tanggal 14 Februari di Fira de Barcelona. 

Beberapa acara berlangsung hampir serentak pada pembukaan Kongres GSMA pada hari pertama ini . Seperti pertemuan para pemimpin GSMA, yang hanya boleh dihadiri undangan tertentu ini bahkan berlangsung sebelum acara resmi pembukaan. 

Di belakang pertemuan berformat tertutup ini berlangsung diskusi secara terbuka tentang masalah yang benar-benar berdampak pada pertumbuhan bisnis mobile. Acara GSMA's Leadership Summit ini berlangsung di Istana Nasional Barcelona, sebuah gedung paling megah di lokasi pameran di Fira de Barcelona. 

Kongres GSMA ini menjadi ajang bergengsi para vendor komunikasi yang berlangsung setiap tahun. Biasanya melalui kongres ini para vendor juga memamerkan pencapaian teknologi dan sekaligus memperlihatkan roadmap selama setahun. 

Tahun lalu Kongres GSMA lebih membawakan tema "layar keempat" dimana GSMA mengembangkan film-film pendek untuk konsumsi pemegang ponsel

Source: http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/02/11/19464232/Dari.Broadband.Menuju.Era.TV.Pribadi



Shate to
Facebook Google+ Twitter Digg


Kembali Print