Dua Petinggi Polri Diusulkan Jadi Penjabat Gubernur Jabar dan Sumut

JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan bahwa dua perwira tinggi Polri diusulkan untuk menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat dan Penjabat Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2018.

"Dalam pengarahannya, Bapak Wakapolri menyampaikan bahwa ada dua perwira tinggi Polri yang dipercaya untuk (diusulkan) memimpin sementara dua wilayah provinsi, yaitu Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Utara," kata Martinus di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Menurut Martinus, dua perwira tinggi itu adalah Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Inspektur Jenderal Pol Mochamad Iriawan dan Kepala Divisi Propam Polri Inspektur Jenderal Pol Martuani Sormin.

Dua nama ini merupakan usulan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

(Baca juga: Kapolri Anggap Potensi Kerawanan Pilkada 2018 Tak Terlalu Tinggi)

Nantinya, Iriawan diproyeksikan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat. Sedangkan Martuani diusulkan sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara.

"Informasi yang saya terima untuk Provinsi Jawa Barat, pelaksana tugasnya akan diisi oleh Irjen Pol M Iriawan. Untuk Provinsi Sumatera Utara, direncanakan Irjen Pol Martuani Sormin," kata Martinus.

Saat ini, kata Martinus, Polri masih menunggu surat resmi dari Kementerian Dalam Negeri soal penunjukan dua jenderal polisi tersebut sebagai kepala daerah.

"Kami masih menunggu surat resminya. Sehingga bisa kita ketahui siapa yang akan menduduki jabatan sementara," kata Martinus.

Martinus mengungkapkan, Iriawan dan Martuani akan mengikuti jejak Inspektur Jenderal Pol Carlo Brix Tewu yang pada Pilkada Serentak 2017 lalu dilantik menjadi Penjabat Gubernur Sulawesi Barat.

Saat itu, Carlo menjabat sebagai Plh Deputi V Bidang Keamanan Nasional, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, sekaligus staf ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam.

Kompas TV Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safaruddin ikut bersaing pada bursa calon Gubernur Kalimantan Timur.

Source: http://nasional.kompas.com/read/2018/01/25/14450531/dua-petinggi-polri-diusulkan-jadi-penjabat-gubernur-jabar-dan-sumut



Shate to
Facebook Google+ Twitter Digg


Kembali Print