– Pasti belum pernah dengar merek CherryPal. Ya, merek ini memang bukan merek internasional. Namun di AS, CherryPal menawarkan sesuatu yang cantik, yang dijulukinya komputer awan.

Tak usah terintimidasi dengan namanya. Ini hanyalah sebuah PC yang dijalankan oleh chip ultra rendah daya dari Freescale (bukan dari Intel atau AMD). Chip ramah energi inilah yang membantu fisik CherryPal bisa kecil dan harganya murah – kombinasi ideal yang menarik perhatian.

‘Orang-orang’ CherryPal ini telah membuang sekitar 80% komponen PC umumnya. Jadi yang tersisa adalah sebuah casing, sebuah chip, sepasang port USB dan sebuah port monitor. Sistem ini berjalan dengan chip Freescale mobile GT MPC5121e 400MHz yang berbasis arsitektur Power dengan storage Flash 4GB dan memori 2GB. Sistem operasi yang dipilih adalah varian Linux (Debian).

Namun yang istimewa di sini adalah dayanya! CherryPal disebutkan mampu bekerja dengan daya hanya 2 Watt! Menurut CEO-nya, Max Seybold, unit yang berbobot 10,5 ounce ini booting dalam tempo 20 detik dan dapat menjalankan nyaris sebarang aplikasi, termasuk grafis kelas berat berkat desain tri-core Freescale yang mencakupkan kemampuan grafis.

Sayang tidak banyak detail yang bisa dikumpulkan tentang CherryPal, karena perusahaan tersebut tidak mau mengungkapkan rencana mereka – termasuk harga jual - sampai kuartal ketiga tahun ini. Saat ini, yang mereka lakukan hanyalah memamerkan hardware. Nah kita tunggu saja seperti apa PC yang akan diantarkan CherryPal

Source: http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/06/19/14544349/Komputer.Awan.Berdaya.Dua.Watt



Shate to
Facebook Google+ Twitter Digg


Kembali Print