Para Selebriti Perempuan Tampil Cantik dengan

KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu, padu padan busana bernuasa maskulin sempat meramaikan tren fesyen dengan menghidupkan kembali gaya androgini pada era 50-an. Sekarang, tren bergulir mengarah pada busana formil pria yang dikenal dengan sebutan tuxedo!

Pada perhelatan malam penghargaan Oscar 2014 silam, Ellen DeGeneres, tampil memikat dalam balutan tiga tuxedo dengan warna berbeda, tuxedo putih dengan aksen syal sutera dan sepasang sepatu kulit. Lalu, tuxedo hitam dan biru beludru yang dikombinasikan dengan rompi abu-abu dan sepatu boot.

Lain lagi dengan pasangan Pharell William dan sang istri, Lasichanh, yang kompak mengenakan rancangan Hedi Slimane. Uniknya, Pharell meredam kesan formal tuxedo dengan mengganti celana panjang menjadi celana pendek selutut. Lalu, sang istri tampak menawan dengan celana panjang gaya skinny serta sepasang sepatu hak tinggi Yves Saint Laurent (YSL).

Selebriti perempuan lainnya yang sering terlihat mengenakan tuxedo, beberapa di antaranya adalah Brooklyn Decker, Kourtney Kardashian, dan Ellen Page.

Tren tuxedo

Semarak tuxedo pada blantika fesyen belakangan ini, diawali oleh desainer rumah mode Yves Saint Laurent, Hedi Slimane, yang melansir sejumlah koleksi terbaru musim semi 2013 yang bertajuk; “Le Smoking 1966”, dalam gaya rancang tuxedo yang digubah dalam berbagai tampilan.

Menurut Hedi, pada dasarnya tuxedo adalah padu padan blazer, kemeja, dan celana panjang. Jadi, bisa diaplikasikan menjadi busana perempuan juga, terutama untuk dikenakan pada acara yang digelar malam hari.  Sentuhan modern yang ditonjolkan oleh Hedi adalah memadukan blazer pas tubuh dengan celana panjang skinny khas YSL yang membuat kaki tampak lebih ramping.