Profesor Gizi: Makan Itu Hiburan, Nikmati Saja Asal Tak Berlebihan Jakarta, Selalu ada ancaman kesehatan di balik makanan atau minuman enak, terutama yang banyak mengandung gula. Jika dikaitkan dengan risiko kegemukan, profesor gizi dari IPB (Institut Pertanian Bogor) punya pandangan yang berbeda.

Prof Made Astawan, ditemui dalam temu media di Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa masalah sesungguhnya bukan semata-mata ada di makanan atau minuman enak. Faktor gaya hidup lain, termasuk kurang olahraga juga besar pengaruhnya terhadap kegemukan.

"Orang Indonesia banyak yang inaktif (kurang bergerak). Makin tinggi pendidikannya, makin inaktif. Harusnya naik tangga, pilih naik lift," kata Prof Made, Jumat (30/1/2015).

Baca juga: Dampak Kurang Nutrisi: 40 Persen Anak Indonesia 'Hang' Otaknya

Makanan enak, menurut Prof Made sebaiknya tidak ditempatkan sebagai satu-satunya kambing hitam penyebab kegemukan dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Tidak ada larangan untuk makan enak, asal pintar memilih, menakar, dan mengombinasikannya. Tidak lupa, harus mengimbanginya dengan olahraga.

"Makan itu suatu hiburan, harus dinikmati," kata Prof Made.

Kuncinya, menurut Prof Made adalah soal batasan. Untuk zat apapun, selalu ada takaran maksimal yang dianjurkan agar tidak menyebabkan masalah kesehatan. Mengutip jargon para ahli pangan, Prof Made menyebut, "There are no good or bad foods: ... just good or bad diets."

"Kadang orang bisa stres lho kalau nggak boleh makan ini itu. Nikmati saja, asal tidak berlebihan," pesan Prof Made.

Baca juga: Sebelum Berdiet, Jangan Lupa Konsultasi ke Ahli Gizi Terlebih Dahulu


(up/vit)

Source: http://health.detik.com/read/2015/01/30/133145/2819030/763/profesor-gizi-makan-itu-hiburan-nikmati-saja-asal-tak-berlebihan



Shate to
Facebook Google+ Twitter Digg


Kembali Print